Kamis, 30 April 2009

RPP (Rencana Pembelajaran)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas kelas X Semester 1


Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : X/ 1
Pertemuan ke- : 3
Alokasi waktu : 2X 45
Standar kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi dan bercerita
Kompetensi dasar : Menceritakan pengalaman dengan pilihan kata dan
ekspresi yang tepat
Indikator :
• Mampu menceritakan pengalaman yang menarik
• Mampu berekspresi dengan cara bercerita di depan kelas
• Mampu memahami teknik-teknik bercerita
Tujuan pembelajaran :
• Mampu menceritakan pengalaman yang menarik
• Mampu berekspresi dengan cara bercerita di depan kelas
• Mampu memahami teknik-teknik bercerita


Materi ajar :
Teknik-teknik yang harus diperhatikan dalam bercerita di depan kelas
 Mimik
Mimik erat hubungannya dengan komunikasi mata. Mimik adalah ekspresi wajah sehubungan dengan perasaan yang dikandung. Untuk menghasilkan penjiwaan yang optimal ketika bercerita kita harus konsentrasi dan menghayati akan cerita yang disampaikan.
 Diksi
Diksi berarti pengucaoan kata yang jelas tidak tergesah-gesah, mudah dipahami orang dan sesuai makna yang terkandung.
 Intonasi
Intonasi merupakan suatu nada yang dapat membantu efektifitas dalam bercerita. Kegunaan intonasi adalah sebagai penekanan pada kata-kata tertentu sehingga dapat menandai suasana.
 Solahhbawa
Solahbawa adalah gerak tubuh atau anggota badan. Dalam bercerita solahbawa sangat diperlukan gunanya untuk lebih meyakinkan dalam bercerita, untuk mempertegas suasana dalam bercerita.
(Widyamartaya, 1980 : 39 - 43)


Model pembelajaran :

Metode pembelajaran CBSA atau pembelajaran dengan cara mengaktifkan siswa. Adapun pembelajarannya meliputi Belajar dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dan keterampilan proses.
 Memanfaatkan lingkungan
Siswa dilatih utnuk memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembelajaran. Dalam hal ini yang menjadi konteks pembelajaran adalah siswa diminta untuk menulis pengalaman menarik yang pernah dialaminya.
 Keterampilan proses
Siswa akan dilihat keterampilan berbicaranya dengan bercerita di depan kelas menggunakan ekspresi dan pilihan kata yang tepat. Dalam hal ini keterampilan bercerita siswa akan menjadi fokus penilaian.
Langkah-langkah pembelajaran

No Kegiatan keterangan Alokasi waktu
1 Kegiatan awal • Mengkondisikan suasana kelas (Mengucapkan salam dan persensi)
• Menyampaikan materi yang akan disampaikan hari ini yaitu Menceritakan pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
• Mengkaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan pertemuan sekarang 15 menit
2 Kegiatan inti • Siswa membuat sebuah karangan yang bertema “pengalaman menarik”
• Siswa menceritakan pengalamannya di depan kelas berdasakan karangan yang telah dibuat oleh siswa 60 menit
3 Kegiatan akhir • Simpulan ( Materi yang berkaitan dengan pembelajran)
• Penutup (salam penutup dan kisi-kisi materi yang akan dipelajari pertemuan yang akan datang) 15 menit

Alat/ bahan/ sumber belajar :

 Alat :
Televisi, DVD, Film Laskar Pelangi
 Sumber Belajar :
Pengalaman pribadi siswa, Buku Acuan (Widyamartaya. 1980, kreatif berwicara. Kanisus: yogyakarta)

Peneliaian :
No Nama Siswa Penilaian
Ekspresi Intonasi Diksi Mutu cerita
1.

Table di atas merupakan penilaian kinerja. Nilai tertinggi adalah sekor A dan nilai terendah adalah Sekor D, setiap katagori pencapaian penilaian mendapat hitungan 1 point
.Keterangan :
A : 4 point
B : 3 point
C : 2 point
D : 1 point

Tidak ada komentar: