Kamis, 30 April 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Kelas X Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Kelas X Semester 1


Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : X/ 1
Pertemuan ke- : 1
Alokasi waktu : 2 X 45

Standar kompetensi :Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi dan bercerita

Kompetensi dasar :
Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat

Indikator
• Mampu berbicara di depan forum resmi
• Mampu memahami dan memperaktekan tata cara berbicara di depan forum resmi dengan memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
• Mampu berbicara di depan forum resmi dengan menggunakan intonasi yang tepat

Tujuan pembelajaran:
• Mampu berbicara di depan forum resmi
• Mampu memahami dan memperaktekan tata cara berbicara di depan forum resmi dengan memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
• Mampu berbicara di depan forum resmi dengan menggunakan intonasi yang tepat

Materi ajar :

• Memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi
Seperti yang kita ketahui dan sering kita amati, baik itu dari pengalaman pribadi, di lingkungan sekitar ataupun dari berbagai macam media, tentang sesuatu yang berkaitan dengan forum resmi. Misalnya; *seminar, workshop, simposium. Ketika melihat di lingkungan sekolah, ada rapat organisasi siswa, diskusi kelompok, dan tak jarang pula ketika menjumpai di lingkungan masyarakat seperti rapat karang taruna ataupun rapat keorganisasian lainnya di masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa forum-forum resmi sering kita jumpai di berbagai kesempatan.
Sering kita temui kendala-kendala yang dihadapi sewaktu berbicara di depan umum atau public speaking, apa lagi dengan suasana yang di haruskan untuk santun dalam berbicara dan dihadapkan banyak orang sebagai pendengar. tak heran dalam kesempatan ini mayoritas orang yang apabila tidak mempersiapkan diri dengan baik akan merasa minder, nerfes atau yang umum kita kenal dengan nama demam panggung.
Seperti yang sering kita lihat pada setiap moment acara formal dimana ada beberapa komponen yang berpengaruh dalam suatu acara seperti sang moderator, host atau pembawa acara, ada forum selaku pendengar, tokoh-tokoh atau narasumber yang ikut serta dalam acara tersebut.
Seorang moderator, host ataupun pembawa acara bertugas sebagai pembuka jalanya suatu acara, adapun salah satu dari sifat yang harus dimiliki moderator adalah harus mempunyai sikap yang komunikatif, persuasive dan *intelektualitas. Yang dimana dalam suatu moment acara, peranan moderator sangatlah penting, seperti memperkenalkan topik pembahasan acara, memperkenalkan diri dan memperkenalkan narasumber acara tersebut. Moderator bersifat sebagai penggerak yang mampu menjalankan acara. Baik atau tidaknya hasil suatu acara tergantung di tangan moderator. Akan tetapi sangat disayangkan dan tidak dapat dibayangkan jika seorang moderator tanpa melakukan persiapan sewaktu membawakan sebuah acara. Pasti dari ilustrasi tersebut kita dapat membayangkan hasil dari suatu acara tersebut seperti apa.
Adapun hal-hal yang harus diperhatikan seorang pembawa acara dalam forum resmi:
1. Mengetahui sasaran tujuan acara
2. Menguasai situasi
3. Terampil dalam berbicara (^penggunaan bahasa baku, penggunaan kalimat efektif)
4. Mempunyai pengetahuan yang luas (Menguasai materi pembahasan acara)
5. Luwes dalam penampilan dan *berimprovisasi
6. Mempunyai sifat yang komunikatif dan *persuasive


Model pembelajaran :

Model pembelajaran CTL dengan mengkaitkan metode pembelajaran CBSA akan menjadi metode yang sangat relefansi dalam implementasian pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar sesuai dengan Standar Isi. Adapun metode pembelajarannya meliputi demonstrasi, diskusi, inkuiri

 Diskusi
Siswa akan dibentuk kemandirirannya dan keaktifannya melalui jalannya diskusi. Siswa secara kseluruhan dibentuk menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 orang, setiap kelompok harus mempunyai 1 moderator yang dipilih oleh kelompok itu sendiri untuk mewakili jalannya diskusi.

 Inkuiri
Siswa akan dibentuk kecakapannya dalam memahami atau merumuskan dari apa yang telah mereka amati. Adapun pembelajarannya meliputi; Siswa menonton video talk show bertema Sex Education yang telah disediakan oleh guru. Percakapan moderator dari awal hingga akhir menjadi fokus yang harus diamati siswa. Kemudian siswa dengan kelompoknya membuat rumusan tentang bahan materi moderator yang akan disajikan lewat jalan diskusi melalui contoh percakapan moderator pada Talk Show di dalam video tersebut.
 Demonstrasi
Siswa akan terlihat kompetensi yang mereka miliki antara lain; kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun Pembelajarannya meliputi; Salah satu siswa yang ditunjuk kelompoknya untuk menjadi moderator, kini mulai mendemonstrasikan hasil rumusan bahan yang akan diimplementasikan di depan kelas lewat jalannya diskusi.

Langkah-langkah pembelajaran

No Kegiatan Keterangan Alokasi waktu
1 Kegiatan awal • Mengkondisikan suasana kelas (Mengucapkan salam dan persensi)
• Menyampaikan materi yang akan disampaikan hari ini yaitu Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
• Mengkaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan pertemuan sekarang 15 menit
2 Kegiatan inti • Siswa menonton video talk show dengan tema Sex Education yang telah disediakan oleh guru. focus dalam menonton Talk Show ini adalah siswa diharapkan mampu untuk memperaktekan tata cara moderator dalam membawakan sebuah acara.
• Membentuk forum diskusi yang dantaranya keseluruhan siswa dibagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 orang, setiap kelompok harus mempunyai moderator untuk mewakili setiap kelompok dalam menjalankan diskusi
• Setelah bahan materi untuk moderator selesai dirumuskan oleh setiap kelompok, salah satu dari perwakilan kelompok yang ditunjuk sebagai moderator untuk berdemonstrasi memperkenalkan kelompoknya. 60 menit
3 Kegiatan akhir • Simpulan ( Materi yang berkaitan dengan pembelajran)
• Penutup (salam penutup dan kisi-kisi materi yang akan dipelajari pertemuan yang akan datang) 15 menit

Alat/ bahan/ sumber belajar :
 Alat :
Televisi, VCD Talk Show “Sex Education”

 Sumber Belajar :
Pengalaman pribadi siswa, Buku Acuan (Widyamartaya.
1980, kreatif berwicara. Yogyakarta: Kanisus).

Penilaian :
No Nama kelompok & Anggota Penilaian
Keterampilan berbicara Pengembangan materi untuk moderator
1.

Table di atas merupakan penilaian kinerja. Nilai tertinggi adalah sekor A dan nilai terendah adalah Sekor D, setiap katagori pencapaian penilaian mendapat hitungan 5 point
.Keterangan :
A : 7-10 point
B : 5-7 point
C : 3-5 point
D : 0-3 point

2 komentar:

Anonim mengatakan...

MOdel pembelajaran sastra yang asik gimana yaaa, bagi yang punya ide mau dong... makasih.

bahasa dan sastra Indonesia banget chOOooy,....>> mengatakan...

Kita harus tahu dulu pembelajaran seperti apa yang hendak kita ajarkan. untuk pembelajaran novel dan cerpen bisa memberikan mereka permainan, dengan cara menyusun ilustrasi berupa gambar-gambar dari cerita tersebut. Kemudian siswa menyusun gambar-gambar tersebut berdasarkan urutan peristiwanya. memang untuk membuat pemeblajaran yang asik dan menyenangkan butuh pikiran dan semangat lebih, tapi itu semua dapat terbayar dengan hasil yang maksimal. :)